Selasa, 08 Januari 2013

Jenis-Jenis Virus Komputer



 agar kita dapat memilih antivirus yang baik untuk kita, sebaiknya kita harus tau jenis-jenis virus dan cara kerja virus tersebut. Pada posting kali ini akan diterangkan beberapa jenis virus yang sering menyerang komputer.
Virus komputer umumnya didefinisikan sebagai sebuah program yang dimasukkan ke dalam sebuah komputer yang memungkinkan replikasi dari program yang diinstal. Seperti ulangan, program ini sengaja menginfeksi komputer, biasanya tanpa sepengetahuan sipengguna proses pengerusakan yang sedang dilakukan oleh virus. virus, tidak seperti Worm (cacing) atau Trojan horse, virus membutuhkan bantuan untuk mentransfer mereka ke komputer. Virus biasanya mengambil sejumlah besar memori komputer, sehingga membuat sistem crash. Virus dikategorikan untuk beberapa bagian berdasarkan fitur-fiturnya.

1. Virus Jaringan
Virus Jaringan cepat menyebar melalui Local Area Network (LAN Glosari Link), dan kadang-kadang di seluruh internet. Umumnya, virus jaringan berkembang biak melalui sumber daya bersama, yaitu melalui drive dan folder. Ketika virus menginfeksi komputer, pencarian melalui jaringan untuk menyerang mangsa baru yang berpotensi dan setelah virus menginfeksi komputer, mereka akan bergerak ke komputer berikutnya untuk mencari mangsa dan siklus tersebut terus berulang.
Contoh virus jaringan yang paling berbahaya adalah Nimda dan SQLSlammer.


2. Virus Boot:
Virus ini menginfeksi boot record disket atau master boot record di hard disk. Mereka menggantikan program boot record (yang berfungsi untuk loading sistem operasi dalam memori) menyalinnya di tempat lain pada disk atau menimpa boot tersebut. Boot load virus ke dalam memori bila komputer mencoba untuk membaca disk ketika sedang booting. Sehingga sering tererjadi pengguna komputer tidak bisa boot, atau bahkan terjadi kesalahan yang mengerikan yaitu Blue Screen
Contoh virus Boot: Form, Disk Killer, Michelangelo, dan Stone virus


3. Logika Bom (Logic Bomps)
Logika Link bom adalah Istilah virus merupakan bagian dari kode yang dimasukkan ke dalam sistem software. Ketika kondisi tertentu dan spesifik terpenuhi, seperti mengklik pada browser internet atau membuka file tertentu, virus bom logika bekerja. Banyak programmer mengatur virus berbahaya off (standby) selama berhari-hari . Ketika virus ini menginfeksi, maka berbagai kegiatan akan berlangsung. Sebagai contoh, file akan dihapus secara permanen.
Contoh Virus ini seperti April Fools Day atau Friday the 13th


4. Virus Program
Virus Ini menginfeksi file program yang dieksekusi, kebanyakan file yang di infeksi atau diserang seperti BIN, COM, EXE, OVL, DRV (driver) dan SYS (device driver)….. Program ini dimuat dalam memori selama eksekusi. Virus ini menjadi aktif di memori, membuat salinan dari dirinya sendiri dan menginfeksi file pada disk.
Contoh virus ini: Sunday, Cascade

5. Virus Companion
Companion virus mengambil keuntungan dari Daftar Istilah Link MS-DOS. Virus ini membuat file baru yang biasanya Link Glosari berekstensi COM,. tapi kadang-kadang Exe juga. Bila pengguna secara manual menjalankan sebuah file EXE atau, DOS akan membuat asumsi bahwa pengguna ingin mengeksekusi file dengan ekstensi yang diminta dalam urutan abjad, dan dengan demikian virus akan bekerja. Virus pendamping ini jarang terjadi antara komputer Windows XP sebagai sistem operasi karena windows Xp tidak menggunakan MS-DOS.

6. Virus Stealth
Virus ini menggunakan teknik tertentu untuk menghindari deteksi. Mereka juga dapat mengarahkan head disk untuk membaca sektor lain bukan sektor di mana mereka berada atau mereka dapat mengubah pembacaan ukuran file yang terinfeksi yang ditampilkan dalam daftar direktori. Sebagai contoh, virus Paus menambahkan 9216 byte ke file yang terinfeksi, kemudian virus mengurangi jumlah byte yang sama (9216) dari ukuran yang diberikan dalam direktori.
Contoh virus ini: Frodo, Joshi, Paus


7. Macro Virus
Sebuah virus makro adalah virus jenis baru dari virus yang menginfeksi komputer macro dalam dokumen atau template. Bila Anda membuka dokumen pengolah kata atau spreadsheet, virus makro diaktifkan dan menginfeksi template Normal (Normal)-file tujuan umum yang menyimpan dokumen pengaturan default format. Setiap dokumen Anda terbuka mengacu pada template Normal, dan karenanya akan terinfeksi dengan virus makro. Karena virus ini menempel dokumen, infeksi dapat menyebar jika dokumen tersebut dibuka pada komputer lain.
Contoh virus ini : DMV, Nuclear, Word Concept.


8. Multipartite virus
Sebuah hibrida Boot dan virus Program. Mereka menginfeksi file-file program dan saat program terinfeksi dijalankan, virus ini menginfeksi boot record. Bila Anda boot komputer saat berikutnya virus dari beban boot record akan masuk ke dalam memori dan kemudian mulai menginfeksi file program lain pada disk.
Contoh virus ini: Invader, Flip, dan Tequila


9. Polymorphic virus
Virus yang dapat mengenkripsi kode dalam cara yang berbeda sehingga muncul berbeda dalam setiap infeksi. Virus ini lebih sulit untuk dideteksi.
Contoh virus ini: Involuntary, Stimulate, Cascade, Phoenix, Evil, Proud, Virus 101


10. Rootkit Virus
Sebuah virus yang tidak terdeteksi yang mencoba untuk memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kontrol dari sebuah sistem komputer. Istilah rootkit berasal dari root user administrator linux. Virus ini biasanya diinstal oleh trojan dan biasanya menyamar sebagai file sistem operasi.

11. Memory Resident Virus
Memori Virus Resident berada dalam memori volitale komputer (RAM). awalnya dari sebuah virus yang berjalan pada komputer dan mereka tinggal di memori setelah itu memulai menutup program.

12. E-Mail Virus
Virus e-mail adalah salah satu jenis virus komputer yang umumnya virus makro dan akan berkembang biak sendiri dengan mencari kontak lainnya dalam sebuah buku alamat e-mail dan kemudian mengirimkan dirinya ke alamat tersebut dengan harapan bahwa mereka akan mengaktifkan virus juga. Oleh karena itu menyebar lagi dan lagi secara eksponensial. Bahkan ada kali virus email dapat menyebar dengan hanya melihat hasilnya di mail client. Salah satu yang sangat sukses dalam menyebarkan seluruh dunia.
Contoh virus ini adalah virus ILOVEYOU.


13. Backdoors
backdoor adalah sebuah metode untuk melewati prosedur otentikasi normal. Setelah sistem telah dikompromikan (oleh salah satu dari metode di atas, atau dalam beberapa cara lain), satu atau lebih backdoors mungkin dipasang untuk memungkinkan akses yang lebih mudah di masa depan. Backdoors juga dapat diinstal sebelum perangkat lunak berbahaya, untuk memungkinkan masuknya penyerang.
Ide telah sering mengatakan bahwa produsen komputer melakukan pra-instalasi backdoor pada sistem mereka untuk memberikan dukungan teknis bagi pelanggan, namun hal ini tidak pernah andal diverifikasi. Crackers biasanya menggunakan backdoor untuk mengamankan akses jarak jauh ke komputer, ketika mencoba untuk tetap disembunyikan dari pemeriksaan kasual. Untuk menginstal backdoors cracker dapat menggunakan trojan horse, worm, atau metode lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar